Press Release: IVSA Indonesia x IVSA Mumbai Online Group Exchange 2020

Group exchange merupakan salah satu kegiatan hasil kerjasama antara dua negara atau lebih yang diselenggarakan oleh sekelompok orang untuk memperoleh pembanding akan satu instansi dan instansi lain. IVSA Indonesia x IVSA Mumbai Online Group Exchange merupakan bentuk kegiatan kerjasama antara dua IVSA Member Organization (MO) yang bertujuan untuk memperkenalkan dunia pra-profesi serta mempromosikan kebudayaan dan wisata yang ada di kedua negara. Kegiatan ini dilakukan secara online teleconference via Zoom.

Online Group Exchange ini dilaksanakan pada tanggal 13-14 Juni 2020. Acara ini dimulai dengan pembukaan dan perkenalan dari masing masing President IVSA MO dan perkenalan dari tiap delegasi yang hadir. Dilanjutkan dengan presentasi singkat oleh setiap delegasi Indonesia mengenai daerah asalnya yang beragam mulai dari Aceh di pulau Sumatera sampai ke Kupang, NTT. Topik yang dibicarakan pun beragam, dari makanan khas, adat pernikahan, adat pemakaman, alat musik, arsitektur rumah adat, hingga ada pula yang menceritakan cerita rakyat setempat dan banyak hal lainnya. Selanjutnya, delegasi Mumbai yang memperkenalkan adat mereka kepada delegasi Indonesia. Banyak sekali adat adat yang jarang diketahui, dipaparkan pada saat presentasi ini, delegasinya pun beragam dari berbagai daerah di India. Salah satu delegasi dari IVSA Mumbai melakukan pertunjukkan tarian singkat dan mengajarkan beberapa gerakan tangan pada tari India. Hampir semua delegasi di kedua belah pihak menggunakan baju adat dari daerahnya masing masing.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai berbagai aspek tourisme pada kedua negara mulai dari makanan, tempat, sampai hidden gem yang ada pada daerah tersebut. Lalu, agenda selanjutnya adalah main games yang bernama ‘Guess the slang!’. Guess the slang adalah permainan dimana salah satu pihak delegasi diberikan satu kata yang merupakan sebuah ‘slang’ di negara pihak lainnya dan kemudian mereka mencoba untuk menebak apa artinya. Game ini memberikan gambar bahasa sehari hari yang digunakan pada masing masing negara. Kegiatan hari pertama kemudian selesai.

Hari kedua dimulai dengan presentasi dan penjelasan mengenai adat pernikahan yang dilakukan di India. Dari mulai tipe pernikahan sesuai dengan aliran agama yang diikuti, persiapan sampai adat setelah upacara pernikahan pun dijelaskan, bahkan beberapa penjelasan mengenai adat pernikahan di beberapa daerah pun dijelaskan karena pernikahan di daerah tertentu memiliki keunikan masing masing. Setelah penjelasan mengenai adat pernikahan di India, dilanjutkan dengan topik ‘Veterinary Education’ dimana masing masing negara memperkenalkan kurikulum, universitas dan kegiatan yang ada pada negara tersebut. Topik ini menunjukkan beberapa perbedaan yang ada antara kedua negara, dimulai dengan kurikulum yang dilakukan di Indonesia dilakukan dengan per semester sedangkan di Mumbai dilakukan per tahun. Total waktu yang dihabiskan sampai lulus membutuhkan 5 tahun dan tahun terakhir adalah internship di Mumbai sedangkan di Indonesia 5.5 tahun yang dibagi dengan 4 tahun untuk s1 dan 1.5-2 tahun untuk koasistensi.

Topik selanjutnya adalah ‘IVSA Activities’, topik ini dilakukan sebagai upaya pertukaran informasi mengenai masing masing organisasi, diharapkan tiap negara dapat mendapatkanwawasan  yang positif. IMAKAHI mendapatkan kesempatan memperkenalkan prokernas dan proker lainnya yang dilakukan tiap tahun seperti Pengmasnas, VSE, IVSA Class dan lain sebagainya. Hal ini mendapatkan respon positif dari IVSA Mumbai yang baru saja dibentuk pada tahun ini, Akan tetapi IVSA Mumbai juga memperkenalkan project tahunan di universitasnya yang bernama Brave Hearts, Donasi darah untuk bank darah anjing, dan lain sebagainya.

Kegiatan yang terakhir dilakukan adalah game “Guess the Animal”, Game ini dilakukan untuk memperkenalkan berbagai hewan endemik dari kedua negara seperti Langur, Lumba lumba Ganges, Harimau Royal Bengal dari India, Burung Cendrawasih, Badak Bercula satu dari Indonesia dan banyak hewan lainnya. Kegiatan kemudian ditutup dengan sesi foto bersama, kesan pesan dari delegasi kedua negara dan penutupan oleh kedua Presiden IVSA Indonesia dan Mumbai.