Press Release Sekolah Kajian Strategis 2021

Pada Sabtu 1 Mei 2021, Departemen Kajian dan Aksi Strategis Pengurus Besar Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan Indonesia (PB IMAKAHI) mengadakan acara Sekolah Kajian Strategis 2021 (Sekolah Kastrat 2021) dengan total pendaftar sebanyak 170 mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan seluruh Indonesia. Sekolah Kastrat 2021 merupakan seminar edukasi yang rutin diadakan setiap tahunnya, membahas mengenai makna dan tata cara penyusunan kajian strategis guna memberikan bekal kepada seluruh peserta agar mampu memaksimalkan potensi dalam bidang penulisan untuk turut aktif berkontribusi melalui kajian dan aksi strategis di lingkungan universitas masing – masing. Seminar ini dihadiri oleh 107 peserta secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting pada pukul 08.30 – 14.30 WIB. Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi yaitu, sesi I adalah sesi pemaparan oleh dua orang pemateri dan sesi II adalah sesi Focus Group Discussion untuk peserta.

 

Pada tahun ini, Sekolah Kastrat 2021 memiliki tema “Dekonstruksi Intelektual Kastrat yang Transformatif untuk Menyongsong Post-Modernisme”. Acara ini resmi dibuka oleh Sekretaris Jendral dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) yaitu Dr. drh Widagdo Sri Nugroho, M.P. yang dipandu oleh MC. Setelah itu, acara diserahkan kepada moderator sebagai pemandu sesi pemaparan materi selama dua jam. Pemaparan materi pertama dari Drh. Iwan Berri Prima, M.M. mengenai “Kajian Strategis Secara General dan Dalam Profesi Veteriner”. Beliau sendiri merupakan salah satu Pejabat Otoritas Veteriner Kabupaten Bintan yang aktif menulis opini dan berbagai macam buku mengenai dunia veteriner. Selain itu, Dokter Berri pernah aktif menjabat sebagai Ketua PB IMAKAHI tahun 2006-2008 dan turut tanggap dalam isu-isu veteriner serta aktif dalam forum mahasiswa. Dokter Berri memaparkan bagaimana peran mahasiswa dalam perjuangan profesi melalui kajian strategis. Sebelum ke pemateri kedua, diadakan ice breaking berupa permainan tebak gambar. Pemenang games ini mendapatkan doorprize berupa e-money. Selanjutnya, pemateri kedua adalah Prof. Dr. drh. Iwan Harjono Utama. Beliau merupakan Professor dari Universitas Udayana. Pengalaman beliau dalam penulisan baik karya ilmiah, publikasi ilmiah popular dan skripsi/tesis sangatlah banyak. Beliau juga menerbitkan beberapa buku ajar yang dijadikan acuan dalam mata kuliah veteriner. Prof. Iwan memberikan materi mengenai “Landasan Kerangka Berpikir Ilmiah dan Peluang Penulisan Kajian untuk Mahasiswa”. Pemaparan kedua pemateri ditutup dengan sesi tanya jawab dan penyerahan sertifikat dan cinderamata secara simbolis.

 

Setelah istirahat dan sholat, Sekolah Kastrat 2021 dilanjutkan pada pukul 12.30 WIB dengan diskusi peserta berbentuk Focus Group Discussion (FGD), membahas berbagai studi kasus seputar permasalahan dunia veteriner. Peserta dibagi menjadi 6 kelompok besar beranggotakan 6-8 orang dengan dipandu oleh co-moderator dan notulen. Masing – masing kelompok membahas 1 studi kasus dari 3 studi kasus yang telah dipersiapkan oleh panitia sebelumnya. Kelompok 1 dan 4 membahas studi kasus pertama yang membahas mengenai UU No. 5 Tahun 1990. Kelompok 2 dan 5 membahas studi kasus kedua yang membahas mengenai Menurunnya Populasi Satwa Liar, serta Kelompok 3 dan 6 membahas studi kasus ketiga mengenai Pengelolaan Peternakan Unggas. Setelah peserta berdiskusi kurang lebih 45 menit, acara dilanjutkan dengan pembahasan hasil diskusi bersama para pemateri dan ditutup oleh closing statement dari para pemateri dan moderator. Selanjutnya, seminar ditutup oleh MC dan melalakukan sesi foto bersama.

 

Sekolah Kastrat 2021 disponsori oleh Media Penerbit Veterinary Indie Publisher (VIP). Penerbit VIP  merupakan “Penerbit Tematik Dunia Veteriner dan Peternakan Pertama di Indonesia” yang menyediakan penerbitan buku dan majalah, jasa pembuatan website, reseller buku best seller, dan merchandise seputar dunia veterinary. Sekolah Kastrat 2021 memberikan hadiah kepada 1 peserta terbaik, 1 presenter terbaik berupa e-money, dan 1 tim FGD mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi bersama Departemen Kastrat dan Departemen Infokom PB IMAKAHI dalam Podcast IMAKAHI. Peserta terbaik dimenangkan oleh Januar Firmansyah dari Universitas Airlangga, Presenter terbaik dimenangkan oleh Naufal Mursalin dari IPB University, dan Kelompok FGD terbaik dimenangkan oleh Kelompok 6 yang beranggotakan : Choirul Ahmad dari Universitas Airlangga, Rosdiyanah Ayu dari Universitas Airlangga. Gusti Putu dari Universitas Udayana, Sarah Fajriannisa dari Universitas Padjajaran, Derida Ayu dari IPB University, Anisa I. dari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, dan Muhammad Alpaini dari Universitas Udayana. Acara ini menerima antusias yang sangat baik dan dampak positif dari peserta. Beberapa peserta menyampaikan bahwa Sekolah Kastrat 2021 merupakan pengalaman yang seru dan bermanfaat karena menghadirkan pemteri dan materi yang menarik, dilengkapi ice breaking yang seru untuk mencairkan suasana. Peserta pun semakin termotivasi untuk terus menulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *