Penerapan Biosecurity dan Biosafety Di Daerah Lahan Kering: Pengmasnas IMAKAHI 2019 di Kupang, NTT.

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana selaku salah satu anggota Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan Indonesia (IMAKAHI) tahun ini berkesempatan melaksanakan salah satu agenda tahunan Pengurus Besar IMAKAHI yaitu Pengabdian Masyarakat Nasional. Kegiatan ini dilaksanakan pada 26-28 September 2019, bertempat di Desa Fatumnasi, Kecamatan Fatumnasi, Kabupaten Timor Tengah Selatan dengan tema yang diusung adalah: “Penerapan Biosecurity dan Biosafety Di Daerah Lahan Kering

Logo Pengmasnas 2019

     Desa Fatumnasi adalah salah satu desa dengan populasi ternak sapi yang cukup besar di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Berdasarkan data statistik peternakan Pemerintah Desa Fatumnasi, diketahui jumlah populasi sapi di Desa Fatumnasi adalah 823 ekor yang terbagi dalam 4 wilayah (Dusun). Selain itu, pelaksanaan kegiatan di tempat ini juga sekaligus untuk mendukung program pemerintah dalam mempromosikan Desa Fatumnasi sebagai salah satu destinasi wisata alam terbaik di Nusa Tenggara Timur.

Peserta dalam kegiatan ini adalah mahasiswa-mahasiswi kedokteran hewan yang berasal dari 11 Universitas yang ada di Indonesia dan tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan Indonesia (IMAKAHI), dosen pendamping, yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan dalam hal ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Adapun rincian kegiatan pengabdian yaitu persiapan tim dan keberangkatan dari FKH Undana pada tanggal 26 September pukul 07.00 WITA pagi menggunakan bus. Setibanya di Kabupaten Timor Tengah Selatan pada pukul 10.00 WITA, peserta kegiatan pengmasnas disambut dan dilepas oleh Asisten III Setda TTS Bapak Frans Maxi Oematan dan Kepala Dinas Peternakan Bapak Benyamin Billy di kantor bupati Kabupaten Timor Tengah Selatan. Selanjutnya  peserta berangkat ke Desa Fatumnasi dan setibanya pada pukul 15.00 WITA peserta di sambut oleh masyarakat dengan tarian dan natoni yang dipimpin oleh tetua adat.

Peserta saat tiba di Kantor Bupati TTS dan Fatumnasi

 

Kegiatan pelayanan kesehatan dilakukan pada tanggal 27 September dimulai pukul 08.00 WITA dengan kegiatan pembagian telur ayam di anak – anak SD, selanjutnya kegiatan pelayanan kesehatan pada hewan dimulai pada pukul 10.00 WITA dan dibagi dalam 4 tim. Masing-masing tim dan melakukan pelayanan di 4 dusun yang berada di Desa Fatumnasi. Masing – masing tim didampingi oleh dokter hewan pendamping dan paramedis yang berasal dari Dinas Peternakan Kabupaten Timor Tengah Selatan. Adapun pelayanan kesehatan yang dilakukan yaitu pemberian vitamin dan pemeriksaan serta pengobatan bagi hewan sakit. Pada malam harinya dilakukan kegiatan gathering dan ramah – tamah. Selanjutnya tanggal 28 September pukul 09.00 WITA sampai selesai dilakukan pelepasan secara adat oleh tetua adat Desa Fatumnasi dan pada pukul 13.00 WITA peserta kegiatan pengmasnas kembali ke Kupang.

Pembagian Telur pada siswa-siswi Sekolah dasar dan Pemberian Vitamin pada ternak

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *