Mahasiswa Kedokteran Hewan IPB Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Android dengan Visi Mewujudkan Perumahan Ramah Hewan

BOGOR – Dari tahun ke tahun populasi kucing mulai menampakkan peningkatan populasi. Peningkatan populasi kucing tersebut dapat menyebabkan ledakan populasi yang berpotensi mengganggu kenyamanan dan kesehatan masyarakat seperti penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia (zoonosis). Beberapa penyakit zoonosis yang seringkali menggangu masyarakat adalah toksoplasma, scabies, rabies dan lainnya. Menyadari akan kondisi tersebut, mahasiswa Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) melakukan pengabdian kepada masyarakat di Perumahan Pakuan Regency dan Perumahan Taman Dramaga Permai, Bogor Jawa Barat. Program tersebut memiliki visi mewujudkan perumahan ramah hewan melalui aplikasi android “Cat IVD Apps” sebagai sarana edukasi terkait manajemen nutrisi, populasi, pemeliharaan, serta kesehatan. Pengabdian kepada masyarakat ini beranggotakan 5 mahasiswa jurusan Kedokteran Hewan yaitu Dian Utami (2015), Fathan Abdul Aziz (2015), Resti Puspitaningsih (2015), Yaomil Ashar (2015), Syahrul Fadhillahir R (2015).

 

Adapun implementasi program yang dilaksanakan pada program kreativitas mahasiswa ini antara lain:

  1. Hallo Owner!

Kegiatan ini berisi pengenalan tim pkm serta menyampaikan latar belakang dan tujuan program kepada peserta program di perumahan serta memberikan motivasi dan sosialisasi terkait pentingnya kesadaran untuk memperhatikan kesejahteraan hewan disekitar.

  1. Data Meongku

Kegiatan ini berisi pendataan kucing di perumahan, edukasi manajemen kesehatan dan nutrisi, melakukan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan kucing dan pemberian obat cacing, antiektoparasit pada kucing.

  1. Apa Kabar Kucingku?

Kegiatan ini berisi edukasi manajemen populasi dan pemeliharaan, sosialisasi dan hiegene personal sebagai bentuk pencegahan zoonosis serta pemeriksaan kucing dan pemberian obat cacing serta antiektoparasit pada kucing.

  1. Yuk Pasang IVD!

Kegiatan ini berisi sosialisasi pembuatan pakan alternatif bagi kucing dan sosialisasi teknologi Cat IVD Apps pada warga perumahan.

  1. Kucingku Sehat

Kegiatan ini berisi pemberian vaksin rabies dengan bekerjasama dinas Pertanian kota bogor dan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor serta pemasangan microchip pada kucing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *