Pengabdian Masyarakat Nasional (PENGMASNAS) IMAKAHI 2017

Sepanjang 2014, Zoonosis menjadi ancaman yang menakutkan. Bagaimana tidak, kasus zoonosis meningkat tajam dibanding tahun-tahun sebelumnya. Zoonosis adalah kejadian penyakit yang dialami manusia melalui hewan begitupun sebaliknya. Zoonosis mempengaruhi hewan domestik dan liar, dan menyebar ke orang melalui gigitan, udara,air, ataupun hewan itu sendiri . Sering kali zoonosis adalah penyakit yang diabaikan populasi orang kurang mampu dan rentan yang kematiannya jarang dilaporkan. Hal ini terjadi terutama di masyarakat pedesaan terpencil di mana anak-anak antara usia 5-14 tahun sering menjadi korban. Begitu pula peternak bahkan warga kota.
Maka dari itu Departemen Pengabdian Masyarakat berupaya untuk mengedukasi awareness zoonosis kepada kalangan masyarakat umum. Pada tanggal 23 September kami bersama perwakilan berbagai universitas di Indonesia serempak membagikan dan menjelaskan pamflet awareness zoonosis ke sejumlah wilayah di Indonesia seperti:

1. UNIVERSITAS UDAYANA
Lokasi: lapangan Renon Denpasar Bali

2. UNIVERSITAS GADJAH MADA

Lokasi : Titik Nol KM Malioboro Yogyakarta

Hal serentak sama halnya dilakukan oleh Universitas Brawijaya, Universitas Syiah Kuala, Universitas Hasanuddin dan Institut Pertanian Bogor.

3. UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Pamflet yang disebarkan berisi 11 macam penyakit menular yang sering terjadi di Indonesia. Meliputi pengertian umum, jenis penyakit ,pencegahan hingga penanggulannya.

4. UNIVERSITAS HASANUDDIN

Upaya kecil kami semoga dapat menjadi pergerakan baru juga yang lama-lama menjadi sebuah kebiasaan untuk selalu mengingatkan betapa pentingnya berbagi ilmu dan wawasan kepada masyarakat tentang pencegahan zoonosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *