Bunga Zahara | Muhammad Tito | Nurockta Ika Putri H | Jauharotul Firdaus

 

Departemen Keuangan dan Kewirausahaan memiliki fokus kerja di bidang finansial IMAKAHI dan melakukan pengembangan kewirausahaan pengurus IMAKAHI.

PROGRAM KERJA

1. Iuran PC IMAKAHI Ke PB IMAKAHI (Dana Kas)

Dana iuran yang berasal dari 11 PC IMAKAHI terhadap PB IMAKAHI sesuai kesepakatan dalam Munas merupakan dana pemasukan utama pb IMAKAHI. Dana ini nantinya akan digunakan sebagai dana operasional non program lelang maupun program lelang pb IMAKAHI,  Yang dimana program ini nantinya akan dilaksanakan oleh pc IMAKAHI yang bersangkutan.

Adapun alur dari masuknya dana iuran ini adalah sebagai berikut :

  • Dana iuran yang disarankan dari departemen keuangan adalah sebesar Rp 500.000,00 ,dana ini akan disepakati dalam mukernas.
  • Dana yang sudah disepakati oleh 11 pc IMAKAHI bisa di berikan kepada departemen keuangan pb IMAKAHI.
  • Pengumpulan iuran pc IMAKAHI dapat dilakukan secara transfer melalui rekening BNI —– a/n Nurockta Ika Putri
  • Setelah uang iuran ini terkumpul maka departemen keuangan IMAKAHI berhak untuk menjumlah dana yang terkumpul dan membagi dana untuk keperluan program kerja pb IMAKAHI baik yang bersifat lelang atau tidak.

Akan diadakan transparansi keuangan oleh pb IMAKAHI setiap 3 bulan sekali, yang mencangkup dana iuran pc IMAKAHI. Dana iuran pc IMAKAHI ini juga akan diarsipkan pada buku khusus keuangan.

Waktu pelaksanaan:
Pembayaran tunai: 31 Maret – 2 April 2017
Pembayaran transfer: 2 April – 31 April 2017


2. Administrasi dan Pembukuan Keuangan

Kerapian administrasi keuangan pada suatu organisasi merupak hal mutlak yang harus ada. Dimana kerapian dan detail arsip administrasi ini menjadi wujud alur administrasi yang rinci meliputi laporan keuangan yang masuk dan keluar. Administrasi keuangan yang detail juga mempermudah dalam proses transparansi sehingga jika sewaktu-waktu diperlukan data atau arsip siap untuk digunakan. Selain itu kerapian administrasi juga mempermudah operasional program kerja PB IMAKAHI selama periode kepengurusan.

SUMBER DANA KEUANGAN PB IMAKAHI:

      • Dana Utama

Berasal dari dana warisan kepengurusan PB IMAKAHI periode 2016

      • Dana Usaha

Dana usaha berasal dari penjualan marchandise dan atribut IMAKAHI

      • Dana Kas

Dana kas diperoleh dari iuran yang dilakukan oleh PB dan PC IMAKAHI Sebanyak 5 kali s ama satu tahun periode kepengurusan

      • Dana Tambahan atau Isidential

Dana tambahan berasal dari sponshor yang telah bekerja sama dan keuntungan dari usaha PB IMAKAHI yang bekerjasama dengan PC IMAKAHI

      • Dana IOMS

ALUR ADMINISTRASI KEUANGAN :

  • Departemen keuangan wajib input data berkaitan sumber pemasukan dana IMAKAHI.
  • Departemen keuangan juga wajib untuk membukukan dana yang keluar dan masuk.
  • Wajib untuk memiliki buku khusus pembukuan keuangan.
  • Setiap tiga bulan sekali melakukan transparansi keuangan pada ketua pb IMAKAHI dan BPI.
  • Pc IMAKAHI yang melaksanakan program lelang pb IMAKAHI dimana di proker tersebut terdapat dana operasional program kerja tersebut wajib untuk membuat surat pertanggung jawaban dana terhadap departemen keuangan pb IMAKAHI.
  • Pertanggung jawaban tersebut sebagai bentuk pengawasan dan evaluasi akan dana yang digunakan.

Adapun format pertanggungjawaban terdiri dari :

1. Cover kegiatan 

2. Lembar pengesahan

3. Rincian dana kegiatan

4. Kwitansi yang ditempel sebagai bukti pemakaian dana tersebut

                • Pertanggungjawaban tersebut diberikan kepada departemen keuangan pb IMAKAHI dalam bentuk soft file dan hard file
                • Pengumpulan pertanggungjawaban pada h+2 minggu pasca kegiatan berlangsung melalui email pbimakahi@gmail.com

Waktu pelaksanaan: SPJ dikumpulkan H+ 2 minggu pasca kegiatan


3. Sosialisasi Dana IOMS & Dana Delegasi

                • Menyebarluaskan kepada semua anggota IMAKAHI dan PC IMAKAHI terkait dana IOMS sebagai dana yang dialokasikan DIKTI bagi program studi yang memiliki himpunan bertaraf Nasional.
                • Setiap anggota IMAKAHI dapat mempergunakan dana IOMS untuk keperluan PC IMAKAHI ataupun pendelegasian yang berhubungan dengan kegiatan IMAKAHI baik nasional maupun Internasional, baik individu atau kelompok.

Waktu pelaksanaan: Juli 2017


4. Youth Veterinary Preneur with Optimis Project

Kewirausahaan merupakan salah satu point yang dijalankan oleh departemen keuangan. Dengan berwirausaha diharapkan pb IMAKAHI dapat mandiri dalam mengelola organisasinya serta tidak mengantungkan kebutuhan organisasi pada seseorang ataupun instansi terkait. Adapun beberapa usaha yang akan dijalankan oleh pb IMAKAHI diantaranya :

                • Jaket nasional
                • Totebag
                • Korsa

Apabila ada tambahan akan ditambahkan sewaktu – waktu melihat dengan situasi, kondisi dan kemampuan.

Kegiatan produksi ini akan bekerjasama dengan PC IMAKAHI dalam proses pemasaran dan distribusiannya yang diwakili oleh bendahra setiap PC IMAKAHI di Indonesia. Wirausaha ini dikemas dalam bentuk tender project yang ditujukan bagi mahasiswa yang mempunyai usaha atau pemula yang memiliki keinginan untuk berwirausaha.

Bagi pemenang tender project akan membuat kontrak produksi dengan kewirausahaan IMAKAHI selama 6 bulan. Pemenang tender project juga akan memproduksi wirausaha pb IMAKAHI meliputi produk tersebut diatas yang akhirnya akan didistribusikan ke seluruh indonesia. Tender project akan dibagi menjadi 3 wilayah untuk memudahkan proses pendistribusian dan kontrol wirausaha dari departemen keuangan. Apabila kinerja pemenang  tender project wirausaha bagus maka departemen keuangan akan memperpanjang masa kontrak produksi dengan yang bersangkutan.

Bagi departemen keuangan dan rekan bisnis IMAKAHI wajib membuat kontrak perjanjian produksi yang isi kontraknya disepakati oleh kedua belah pihak. Apabila suda ditentukan rekan bisnis produksi, rekan bisnis diberi keleluasaan untuk menerima dan menolak begitu juga sebaliknya pada departemen keuangan PB IMAKAHI.

Waktu pelaksanaan: 
Korsa: Mei 2017
Jaket Nasional: Agustus 2017
Totebag: November 2017


5. Jaring Sponsorship Dan Kemitraan dengan Instansi

                • Pelobian instansi pemerintah maupun swasta
                • Penyusunan proposal dengan bantuan departemen-departemen PB IMAKAHI lain untuk program kerja satu tahun kepengurusan
                • Mengajukan ke perusahaan-perusahaan terkait
                • Menjalin kominikasi dengan perusahaan-perusahaan terkait, agar mempermudah jalannya pencarian sponsorship.

Waktu pelaksanaan: Agustus 2017


6. Atribut Pengurus Anggota PB IMAKAHI

Pembuatan atribut dalam kepengurusan menandakan sebagai identitas kepengurusan sesorang pada organisasi yang bersangkutan. Untuk atribut kepengurusan PB IMAKAHI dibuat dalam bentuk nametag. Atribut ini dipakai oleh setiap pengurus pada setiap kegiatan PB IMAKAHI, atau yang bersangkutan dijadikan sebagai delegasi yang mewakili IMAKAHI. Oleh karena itu diharapkan setiap pengurus memiliki dan menyimpan atribut pengurus IMAKAHI hingga periode kepenguras PB IMAKAHI berakhir.

Atribut berupa nametag dibuat atas persetujuan pengurus pb IMAKAHI, bila tidak berhalangan dan sesuai target awal atribut ini akan dipakai untuk pertama kalinya saat mukernas.

Waktu pelaksanaan: 25 Maret-6 April 2017


7. Informasi Veterinary Preneur

Vet? Bisnis? Kenapa tidak, seorang dokter hewan bisa menjadi pebisnis. Jadi Informasi Vetepreneur ini diperuntukan mahasiswa kedokteran hewan di seluruh Indonesia, yang mengajak para calon dokter hewan untuk menjadi pebisnis dan juga dokter hewan. Tidak hanya inormasi saja melainkan  pengalaman dari para senior maupun teman-teman yang memiliki bisnis akan dipublikasikan.

Waktu pelaksanaan: Setiap satu bulan sekali


8. Transparansi Keuangan
Transparansi keuangan merupakan momen evaluasi dan pengawasan terhadap departemen keuangan pada khususnya dan evaluasi akan dana yang keluar dan masuk pada umumnya. Transparansi keuangan ini dipertanggung jawabkan kepada ketua dan seluruh bph PB IMAKAHI, BPI dan anggota IMAKAHI. Transparansi  dilakukan dalam bentuk tertulis soft file dan hardfile, yang mana hasil transparansi ini diberikan pada ketua pb IMAKAHI dan BPI. Selain itu juga bisa di akses melalui website dan media sosial IMAKAHI.

Transparansi keuangan dilakukan setiap 3 bulan sekali oleh departemen keuangan PB IMAKAHI. Hal yang dilaporkan memuat diantaranya, sumber pemasukan, catatan dana keluar masuk, catatan dana yang digunakan untuk keperluan program baik yang bersifat lelang atau tidak, laporan dana yang sudah terserap setiap bulannya, kendala dana pada kegiatan IMAKAHI, dan hal yang bersifat tambahan dan bisa ditambahkan sewaktu- waktu disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.

Waktu pelaksanaan: Transparansi keuangan dilakukan 3 kali dalam satu tahun periode kepengurusan, yakni pada bulan Juni, September dan Desember melalui media sosial PB IMAKAHI.


9. Dana Sokongan Untuk Delegasi

Bantuan dana untuk delegasi acara besar PB IMAKAHI. Masih dalam bentuk pengkajian ulang.